Sinar biru,dampak negatif serta cara mencegahnya

  • Whatsapp
banner 468x60

Sinar biru atau blue light yang terpancar dari layar perangkat elektronik misalnya dari smartphone,televisi,laptop,PC,tablet, dan perangkat gadget laiknya. Sinar biru diciptakan sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan.

Sinar biru terpancar bukan hanya dari layar gadget saja, matahari juga memancarkan sinar biri, dan itulah yang membuat kita tetap bangun di siang hari, dan di kmalam hari.

Muat Lebih

banner 300250

Seperti cahaya dari matahari yang memilki manfaat pada kdan bahanya juga, tentu sinar biru pada gadget ini juga memiliki hal yang sama. Mari sekarang kita ketahui dampak negatif dan positifnya serta cara mencegah sinar biru merusak mata kita.

Sinar biru mempunyai dampak negatif dan positif nya mari kita ketahui dampak negatif nya terlebih dahulu, dampak negatif nya yaitu :

  1. MENYEBABKAN KELELAHAN PADA MATA

Sinar biru yang terpapar dari gadget yang terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada mata, setelah 20 jam bermain gadget mata menjadi berair,penglihatan kabur,sakit kepala,nyeri pada leher,bahu dan punggung terasa pegal-pegal.

 

  1. MENYEBABKAN SULIT TIDUR

Paparan sinar biru yang lama juga bisa membuat kita susah tidur atau insomnia, mengapa demikian? Karena sinar biru menurunkan 23% hormon melatonin dalam tubuh, melatonin sendiri adalah hormon yang membantu kita untuk bisa tertidur.

  1. MENYEBABKAN KERUSAKAN RETINA DAN KORNEA

Sinar biru dapat merusak retina dan kornea mata dan menimbulkan efek jangka panjang karna paparan sinar biru yang berlebih. Pada paparan sinar biru yang berlebih seseorang mungkin saja mengalami degenerasi makula,glaukoma,penyakit retina degeneratif bahkan kebutaan.

Adapun dampak positifnya bagi kita misalkan :

1.MEMBUAT KITA SEMAKIN PRODUKTIF DAN FOKUS

Sinar biru juga memiliki sisi positif nya, contohnya membuat kita semakin produktif karna berkat sinar biru di layar gadget kita, dan membuat kita menjadi fokus serta tetap terjaga meski badan terasa lelah

  1. MEMPENGARUHI JAM TIDUR DAN JAM BANGUN

Sinar biru dapat mempengaruhi jam tidur dan jam bangun, contohnya ketika kita di siang hari kita akan tetap bangun, dan ketika malam tidak ada sinar biru dari pancaran matahari kita merasa mengantuk karna hormon melatonin yang ada di tubuh kita maksimal, tidak ketika kita terpapar sinar biru hormon melatonin akan berkurang dan menyebabkan susah tidur.

Setelah kita mengetahui dampah negatis dan positifnya mari kita ketahui cara mencegah agar mata tetap terja atau tidak terlalu banyak menerima paparan sinar biru, mari kita cari tahu.

  1. HINDARI PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM KEGELAPAN

Hondari bermain smartphone pada kegelapan, bermain smartphone dalam kegelapam memicu kerusakan pada mata.

  1. MENURUNKAN CAHAYA LAYAR PADA PERANGKAT ELEKTRONIK

Menurunkan cahaya pada layar gadget anda dapat mencegah banyaknya terpapar sinar biru, tetapi sebaiknya jangan di mainkan pada tempat gelap yang akan merusak mata.

  1. MENERAPKAN METODE 20-20-20 KETIKA BERMAIN GADGET

Dengan metode 20-20-20 yaitu istirahat 20 menit bermain gadget,melihat objek yang jauhnya 20 kaki selama 20 detik.

Nah itu dia apa itu sinar biru , dampak negatif maupun positifnya serta cara mencegahnya,dan jangan lupa jaga juga kesehatan mata anda dengan suplemen penunjuang kesehatan mata anda.

penulis ghaits guntur hermawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *