Paracetamol

PARACETAMOL

 

Nama lain Paracetamol adalah Acetaminofen, adalah obat untuk meredakan rasa sakit dan penurun panas, sehingga disebut juga sebagai obat analgetik (pereda sakit) dan antipiretik (pereda panas). Obat ini biasanya diberikan bersamaan dengan obat obat lainnya yang berkaitan dengan penyakit yang menyebabkan rasa sakit atau timbul demam. Beberapa contoh penggunaan obat ini adalah untuk meredakan sakit kepala, flu, nyeri haid, sakit gigi, sakit pasca operasi, sakit persendian, dll. Sediaan obat dapat berupa tablet, sirup, atau injeksi (intravena).

 

Sejarah Paracetamol

Pertama kali ditemukan pada tahun 1877 dan sejak saat itu Paracetamol merupakan obat yang paling banyak digunakan untuk pereda rasa sakit dan masuk ke dalam daftar obat esensial di World Health Organization.

 

Cara Kerja Obat

Cara bekerja Paracetamol di dalam tubuh sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun Paracetamol diketahui mampu mengurangi jumlah enzim COX (Cyclooxygenase) yang berperan dalam produksi hormone Prostgalandin, dimana Prostaglandin ini adalah penyebab munculnya rasa sakit. Cara kerja lainnya adalah dengan bekerja langsung di otak sebagai pengendali rasa sakit.

 

Efek Samping

Pada dosis yang direkomendasikan, parasetamol tidak mengiritasi lambung, memengaruhi koagulasi darah, atau memengaruhi fungsi ginjal sebagaimana halnya obat pereda sakit lainnya (golongan NSAID). Beberapa efek samping yang mungkin muncul adalah mual, sakit perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan. Penggunaan parasetamol di atas rentang dosis terapi dapat menyebabkan gangguan hati.

 

Paracetamol Dengan Merk Dagang

Paracetamol adalah nama generik. Karena Paracetamol tergolong ke dalam obat bebas, maka  obat ini  bisa didapat dengan mudah. Ada banyak nama merk dagang yang bisa dibeli baik di apotik, toko obat, hingga warung warung. Namun meskipun ini obat bebas, penggunaannya harus berhati hati dengan selalu mengikuti petunjuk penggunaan karena kelebihan dosis obat ini bisa menyebabkan kerusakan hati.

Penulis : AA Mulyana