Khasiat daun pepet

  • Whatsapp
banner 468x60

Daun pepet juga biasa dipanggil kunir putih,temu pepet atau kunci pepet dan masih berhubungan dekat dengan kencur. Di Indonesia temu rapet tumbuh liar di pulau Jawa dan Sumatra,tanaman temu rapet ini bisa ditemui diketinggian hingga 750 meter diatas permukaan laut.

Daun pepet diduga berasal dari indochina atau disebut semenanjung indochina namun mulai menyebar secara alami di Asia mulai dari India di barat,Sri Lanka, Burma, Cina,Taiwan, ke selatan melalui Indocina hingga Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Muat Lebih

banner 300250

Kunci pepet memang belum banyak diketahui oleh para petani, tanaman ini baru sedikit sekali dibudidayakan bahkan kadang tanaman ini tidak terlalu dipedulikan, padahal saat ini banyak sekali produk jamu pelangsing yang membutuhkan kunci pepet sebagai bahannya. Selain itu banyak orang yang masih bingung dengan nama latin dari tanaman ini, sehingga tidak jarang terjadi tumpang tindih nama dengan tanaman lain, sehingga orang sering salah memanfaatkannya.

Kunci pepet adalah tanaman yang banyak tumbuh di lantai hutan. Umbi kunci pepet banyak dimanfaatkan karena sangat berkhasiat. Dan umbi kunci pepet biasa tumbuh di tanah lembab atau tumbuh dibawah naungan pohon lain. Daunya menempel di tanah terlihat seperti rumput gajah mini.Umbi kunci pepet tidak akan mati walaupun susut dan kering,ketika umbi mendapat cukup air maka umbi akan keluar mata tunas baru dan tumbuh daun baru.

Khasiat daun pepet :

  1. Rimang kunci pepet biasa digunakan sebagai obar sakit perut dan disentri secara tradisional.
  2. Umbi-umbinya yang kecil dan berair mempunyai khasiat mendinginkan.
  3. Karenanya, temu rapet juga dimanfaatkan sebagai bahan bedak, campuran jamu ibu melahirkan dan penambah nafsu makan.
  4. Selain itu daun pepet juga digunakan dalam pembuatan harum haruman, sebagai lalapan dan juga pembuat anti serangga.
  5. Juga bisa digunakan untuk membuat make up
  6. Rimpang dan daunnya disuling untuk menghasilkan minyak atsiri yang mengandung sineol dan zat yang berbau kamper
  7. Dan juga bisa dijadikan tanaman hias karena temu pepet memiliki daun yang indah

Penulis Syadza

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *