Kenali dan Kendalikan Obesitas

  • Whatsapp
banner 468x60

Obesitas (obesity) berasal dari bahasa latin yaitu ob yag berarti ‘akibat dari’ dan esum artinya ‘makanan’, jadi obesitas dapat didefinisikan sebagai akibat dari pola makan yang berlebihan atau buruk. Menurut WHO (1998), obesitas adalah suatu keadaan terjadinya penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan. Obesitas dapat dibagi dua berdasarkan tempat penumpukan lemaknya, yaitu:

  1. Obesitas tipe pir

Obesitas ini terjadi karena penumpukan lemak lebih banyak di daerah pinggul dan lebih banyak dialami oleh wanita. Akan tetapi, hal ini tidak bersifat mutlak karena bisa juga wanita mengalami obesitas tipe apel apalagi setelah mereka mengalami menopause.

  1. Obesitas tipe apel

Obesitas tipe apel terjadi karena penumpukan lemak lebih banyak di daerah perut. Obesitas ini lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler. Hal ini dapat terjadi karena lokasi perut lebih dekat dengan jantung dari pada pinggul sehingga banyak yag menganggap bahwa obesitas tipe pir lebih baik dari pada tipe apel.

 

Obesitas bukan saja akibat dari pola makan yang buruk tetapi dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

 

 

Obesitas dapat diobati melalui program penurunan berat badan yang melibatkan dokter gizi, personal trainer, dan lainnya. Program ini memiliki target penurunan berat badan sekitar 3 – 5 persen dari total berat badan. Adapun program penurunan badan lainnya, yaitu perubahan pola makan, peningkatan aktifitas fisik, perubahan gaya hidup. Jika cara tersebut tidak berhasil, tindakan lain untuk mengobati obesitas adalah operasi bariatrik (operasi perubahan dalam sistem pencernaan).

Dari pada harus mengobati, lebih baik kita mencegah obesitas dengan cara sebagai berikut:

  • Konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi sehari.
  • Melakukan pedoman G4 G1 L5 (konsumsi Gula maksimal 4 sendok makan atau 50 gram per hari, konsumsi Garam maksimal 1 sendok teh atau 2 gram per hari, konsumsi Lemak maksimal 5 sendok makan atau 67 gram per hari)
  • Rajin melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, dan berolah raga dengan dilakukan secara BBTT (Baik, Benar, Teratur, dan Terukur)
  • Jaga berat badan agar tetap ideal yaitu Indeks Massa Tubuh (IMT) dikisaran 18 – 23 kg/m2.

Itulah sekilas tentang obesitas yang dapat kita kenali tipe dan faktor penyebabnya, selanjutnya kita harus kendalikan obesitas kita dengan cara mencegahnya seperti yang dijelaskan tadi. Karena lebih baik mencegah dari pada harus mengobati.

Penulis : Kristanti Veronika

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *