Hidup Sehat melawan Diabetes

  • Whatsapp
banner 468x60

Hidup Sehat Melawan Diabetes

 

Muat Lebih

banner 300250

Apa itu Diabetes

Diabetes Melitus, atau biasa secara singkat biasa disebut Diabetes, adalah suatu keadaan kronis dimana kadar gula darah seseorang melebihi batas normal. Ada 2 tipe diabetes, yaitu tipe diabetes yg dipengaruhi oleh kadar insulin, dalam hal ini jumlah insulin yg dihasilkan pankreas tidak mencukupi kebutuhan ( Insulin Dependent Diabetes Melitus), disebut sebagai Dibetes Melitus Tipe 1, dan tipe diabetes yang tidak tergantung dari kadar insulin (Non Insulin Dependent Diabetes Melitus), disebut juga sebagai Diabetes Melitus Tipe 2.

Sebagian besar kasus Diabetes yang terjadi adalah Diabetes Tipe 2. Pada diabetes tipe 2, tubuh sebenarnya bisa saja menghasilkan insulin yg cukup, namun insulin yg dihasilkan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Seperti kita ketahui, fungsi insulin adalah untuk memfasilitasi gula darah agar dapat dimanfaatkan oleh sel sel tubuh.

 

Penyebab Diabetes

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1 belum diketahui secara pasti, namun diduga karena auto immune disease, dimana terjadi penyimpangan kerja sistem pertahanan tubuh yang malah menyerang bagian tubuh sendiri, dalam hal ini menyerang sel sel beta pankreas sebagai pabrik insulin. Akibatnya insulin yang dihasilkan oleh pankreas berkurang. Pasien Diabetes tipe 1 ini biasanya berusia masih muda, bahkan masih anak anak.

Pada Diabetes tipe 2 insulin gagal memfasilitasi gula darah untuk “dimakan” oleh sel sel tubuh, sehingga gula darah terus berputar dalam sirkulasi darah. Kandungan gula di dalam darah yg melebihi batas normal secara terus menerus akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pembuluh darah, dan ginjal pun dibebani kerja yang lebih berat karena harus terus menerus menyaring  “air gula” sebelum dibuang menjadi air kemih. Jika tidak dilakukan upaya upaya untuk mengatasi diabetes ini maka akan muncul berbagai macam komplikasi penyakit seperti kebutaan, stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dll.

 

Kegemukan Adalah Pemicu Diabetes Melitus Tipe 2

Sebagian besar kasus diabetes adalah tipe 2, dan sebagian besar pemicunya adalah  kegemukan. Pada orang yang kegemukan terjadi penimbunan lemak yang berlebihan.  Badan gemuk berarti banyak lemak. Lemak berlebih membuat sel sel tubuh merasa “kenyang” sehingga menolak untuk menerima gula darah, dalam hal ini reseptor insulin sudah tidak sensitif lagi terhadap insulin. Reseptor insulin berperan sbg “gembok”, insulin berperan sbg “anak kunci”. Jika gemboknya tak bisa dimasuki anak kunci maka “pintu” masuk untuk gula darah tertutup shg gula tetap berkeliaran di dalam darah

 

 

 

Baik Atau Burukkah Gula Untuk Kesehatan?

Gula adalah sumber makanan sekaligus sumber energi yang paling cepat bisa digunakan oleh sel tubuh, itulah sebabnya jika orang kelaparan sebaiknya mengkonsumi yg manis manis sebelum makan makanan lain.  Namun jika jumlah gula di dalam aliran darah terlalu banyak bisa menyebabkan banyak munculnya berbagai rangkaian penyakit. Berikut adalah beberapa sifat gula:

  • Gula menyebabkan pembuluh darah kehilangan elastisitasnya.
  • Gula adalah media yg sangat disukai bakteri untuk tumbuh
  • Kandungan gula di dalam darah membebani kerja ginjal.
  • Gula jika bersenyawa dengan protein di dalam sel tubuh menyebabkan proses penuaan: kulit keriput
  • Gula mempercepat proses penuaan, dengan mengikatkan molekul gula pada protein membentuk persenyawaan yang disebut Advanced-Glycation-End products (AGE).
  • AGE mengendap di jaringan-jaringan tubuh manusia, mendorong timbulnya penyakit degeneratif, pembentukan kerut dan uban

 

Mengatur Pola Makan

Untuk mengendalikan kadar gula darah maka seorang penderita Diabetes harus mengatur pola makannya, yang sering disebut juga sebagai diet. Berikut beberapa prinsip diet:

  • Diet itu bukan mengurangi porsi makanan secara drastis, tapi semata mata hanya mengubah menu saja, yaitu menu makanan atau minuman dengan kandungan kalori rendah..
  • Kurangi karbohidrat, karena di dalam tubuh sebagian besar akan dirubah menjadi gula. Perlu dikerahui bahwa penyebab utama kegemukan adalah karbohidrat, bukan daging atau makanan lainnya.
  • Kurangi Lemak, karena penderita diabetes biasanya sudah kelebihan lemak. Lemak berlebih memperburuk atherosklerosis (penyumbatan pembuluh darah)
  • Perbanyak serat (sayur dan buah). Serat sangat baik sebagai penghambat penyerapan gula di usus halus.
  • 1 jam setelah bangun pagi makan dengan imbangan karbohidrat-protein-lemak
  • Jangan membiarkan tubuh selama lima jam tanpa diisi sekali pun tidak merasa lapar.
  • Singkirkan turunan gula, roti, pasta, gandum, beras dan zat pati lainnya.
  • Minum sedikitnya 8 gelas besar sehari.
  • Cemilan buah : TIDAK BIJAKSANA!

 

Olah Raga Itu Harus, Mengapa?

Pada prinsipnya berolah raga itu akan membuat badan kita akan menjadi lebih kuat dan dapat  memperbaiki fungsi fungsi organ tubuh. Berolah raga juga memerlukan energi, kelebihan gula di dalam darah dapat dikurangi dengan cara ini. Namun demikian, bagi penderita diabetes sebaiknya pilihlah jenis olah raga yang tidak terlalu menguras tenaga karena olahraga yang terlalu berat akan memerlukan energi yang lebih banyak dan itu dikhawatirkan malah akan menyebabkan kadar gula darah menjadi drop.

Hindari Stress

Stress mencetuskan terlepasnya hormon yang dibentuk tubuh,meningkatkan gula darah. Hormon yang dilepaskan adalah epinefrin dan norepinefrin. Stress belum tentu berasal dari hal-hal emosional yang tidak menyenangkan, juga dari hal-hal yang sudah dianggap “biasa”

 

Penatalaksanaan  Diabetes

Untuk pasien Diabetes sebenarnya meminum obat adalah pilihan terakhir jika dengan mengatur pola diet dan berolah raga sudah tidak mampu lagi memperbaiki kadar gula darah.  Bahkan konsumsi obat bisa menjadi tidak ada artinya jika pasien diabetes masih makan seenaknya dan tidak ada aktifitas olah raga. Jika memang diperlukan untuk meminum obat, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi obat herbal sebagai pendamping obat resep dengan tetap mengkonsultasikannya dengan dokter. Dalam banyak hal, herbal banyak membantu memperbaiki kondisi kesehatan krn sifatnya sbg suplemen, bukan obat.

 

Penulis AAM

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *