Daun Sidaguri

Daun sidaguri berasal dari tanaman sidaguri yang merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di Indonesia karena iklim tropis di Indonesia sesuai dengan tumbuhan sidaguri. Daun sidaguri sendiri, merupakan jenis daun tunggal ang memiliki bentuk bulat, terkadang hampir sma dengan bentuk jantung dan memiliki gerigi pada tepi daunnya. Daun sidaguri memiliki panjang antaraa 1,5 sampai 4 cm dan lebarnya antara 1 sampai 1,5 cm, pada bagian bawah daun sidaguri terdapat rambut pendek berwarna abu-abu. Meskipun dikenal sebagai tanaman liar, tanaman sidaguri memiliki kandungan senyawa di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Kandungan Senyawa Daun Sidaguri

Tumbuhan liar dengan nama latin Sida rhombifolia L.  ini memiliki kandungan senyawa yang baik disetiap bagian pohonnya, terutama pada bagian daun. Daun sidaguri memiliki kandungan alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino dan minyak atsiri. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun sidaguri tersebut dapat membantu mengatasi beberapa masaah kesehatan.

Manfaat Daun Sidaguri

Daun sidaguri memiliki beberapa senyawa di dalamnya yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan. Beberapa manfaat daun sidaguri untuk kesehatan diantaranya:

  1. Meredakan Nyeri

Nyeri pada beberapa bagian tubuh biasanya diatasi dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit. Selain menggunakan obat, menghilangkan rasa nyeri atau sakit dapat dengan menggunakan daun sidaguri. Kandungan senyawa alkaloid yang terdapat di dalam daun sidaguri dapat membantu menghilangan rasa sakit yang dialami.

  1. Menenangkan Sistem Syaraf

Sistem syaraf harus bekerja dengan baik agar tubuh dapat merespon perintah otak. Ketika sistem syaraf terganggu, beberapa perintah yang disampaikan oleh otak terkadang terespon. Sistem syaraf juga perlu ditenangkan, salah satunya dengan meminum seduhan daun sidaguri. Kandungan alkaloid dalam daun sidaguri dapat membantu menenangkan syaraf.

  1. Mengatasi Malaria

Tidak hanya meredakan nyeri dan juga menenangkan syaraf, kandungan alkaloid di dalam daun sidaguri dapat membantu mengatasi malaria. Meminum air seduhan daun sidaguri secara rutin ketika terkena malaria, dapat membantu proses penyembuhannya.

  1. Meredakan Batuk

Manfaat lain dari senyawa alkaloid di dalam dalam daun sidaguri yakni dapat membantu mengatasi batuk. Batuk memang terkadang dianggap sepele dan dianggap sebagai sakit ringan, namun terkena batuk berkepanjangan bahkan dapat menurunkan berat badan dengandrastis. Mengatasi batuk selain dengan obat, dapat dengan memanfaatkan daun sidaguri

  1. Mengatasi Diare

Diare disebabkan karena aktivitas bakteri di dalam saluran pencernaan. Terkena diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun sidaguri. Kandungan tannin di dalam daun sidaguri memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab diare.

  1. Sebagai Obat Cacing

Mengkonsumsi daun sidaguri dengan memanfaatkan air seduhannya dapat membantu mengurangi cacing penyebab cacingan. Dengan berkurangnya cacing pada saluran pencernaan, penyerapan sari makanan akan lebih efektif karena tidak terganggu oleh cacing.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Kulit yang gatal dapat merusakjaringan kulit dengan menggaruknya. Mengatasi gatal pada kulit bukan dengan menggaruknya, akan tetapi dengan menggunakan saleb atau dapat juga dengan memanfaatkan daun sidaguri.

 

  1. Mengobati Gigitan Serangga

Serangga biasanya memiliki racun pada gigitannya. Sehingga, setelah tergigit  oleh beberapa jenis serangga, bagian tubuh yang tergigit serangga dapat menjadi memar atau membengkak. Mengatasi luka akibat gigitan serangga dapat dengan memanfaatkan daun sidaguri. Kandungan di dalamnya dapat membantu mengeluarkan racun dari gigitanserangga.

  1. Mengatasi Sesak Napas

Sesak nafas yang disebabkan karena adanya penyumbatan pada bagian pernapasan oleh lendir, dapat menjadi penyakit yang serius apabila tidak segera diberikan penanganan. Selain menggunakan alat bantu oksigen, mengatasi asma juga dapat dengan memanfaatkan daun sidaguri.

  1. Membantu Proses Pembekuan Darah

Darah yang terus menerus keluar karena adanya luka dapat membahayakan tubuh karena kekurangan darah. Menghentikan aliran darah yang keluar dengan membekukan darah pada luka dapat diatasi dengan daun sidaguri.

  1. Mengatasi Sakit Gigi

Daun sidaguri memiliki kandungan senyawa alkaloid yang dapat meredakan nyeri. Termasuk nyeri yang terjadi pada gigi, dapat diatasi dengan daun sidaguri.

  1. Mengatasi Bisul

Kandungan di dalam daun sidaguri dapat dimanfaatkan dengan diseduh maupun dengan ditumbuk saja. Daun sidaguri yang ditumbuk dan sitempelkan pada bisul, dapat membantu mempecepat pematangan bisul, sehingga bisul dapat sembuh lebih cepat.

  1. Meringankan Asam Urat

Meminum air seduhan daun sidaguri secara rutin dapat membantu meringankan asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan di dalam daun sidaguri dapat membantu menurunkan kadar asam penyebab asam urat dari dalam tubuh.

  1. Mencegah Osteoporosis

Daun sidaguri dapat dimanfaatkan untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang dapat terhindar dari bahaya osteoporosis. Selain menjaga kepadatan tulang, kandungan di dalam sidaguri juga dapat membantu memperbaiki struktur tulang yang rusak.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka Gores

Terkena luka goresan akan menimbulkan rasa perih sampai luka kering. Untuk mempercepat pengeringan luka, manfaatkan daun sidaguri untuk ditempelkan pada bagian kulit yang terluka. Luka goresan akan cepat kering.

  1. Mengobati Jerawat

Jerawat disebabkan karena bakteri pada wajah. Aktivitas antibakteri yang dimiliki oleh daun sidaguri dapat membantu mempercepat proses pengobatan jerawat.

  1. Sebagai Antikank

Meskipun hanya sebagai tanaman liar, namun daun sidaguri dapat bekerja sebagai anti kanker. Kandungan senyawa di dalam daun sidaguri dapat mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh dan mencegah perkembangannya.

  1. Obat Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi dapat diatasi dengan daun sidaguri. Kandungan alkaloidnya dapat menjadi salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi.

  1. Mengatasi Mimisan

Mimisan biasanya terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah. Mengatasi mimisan dapat dilakukan dengan menggunakan daun sidaguri. Kandungan senyawa di dalam daun sidaguri dapat membantu pembekuan aliran darah.

Penulis : KL