Bahaya Hormon Testosteron Rendah Pada Pria, Ini Solusinya !!

  • Whatsapp
banner 468x60

Masih banyak yang belum tahu bahwa Pria di Usia 40 Tahun ke atas, Pria Muda dengan Gaya Hidup yang buruk atau mengalami stress pekerjaan, serta Pria yang mempunyai penyakit sindrom metabolism (Diabetes Mellitus Tipe 2 / DM Tipe 2) dan Obesitas, memiliki gejala kekurangan hormon testosteron atau dikatakan testosteron rendah.

Manfaat Hormon Testosteron

Muat Lebih

banner 300250

Padahal, hormon testosteron memiliki beragam fungsi. Pada anak-anak sampai pubertas, untuk pembentukan organ seksual. Masa dewasa, testosteron diperlukan untuk meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan jantung dan tulang.  Testosteron diperlukan dari ujung rambut sampai kaki. Kebotakan merupakan tanda terjadinya penurunan hormon ini. Hormon ini membuat kulit sehat, tidak kering. Untuk urusan kesehatan pria dewasa, kadar testosteron yang optimal membuat buang air kecil menjadi lancar, libido terjaga , dan fungsi ereksi maksimal. Pria dengan kadar testosteron optimal membuat Pria menjadi lebih percaya diri, pikiran tajam, tidak malas, berenergi dan berbahagia karena tubuh nyaman.

Faktor Alami Penurunan Hormon Testosteron

Menurut padaparan dr. Nugroho dalam diskusi “Seputar Masalah Intim Lelaki, April 2017” bahwa penurunan utama hormon testosteron biasanya berkaitan dengan faktor penuaan (aging). Studi penelitian Baltimore Longitudinal Study of Aging menyatakan 38,7% pria usia 40-79 tahun memiliki kadar testosteron kurang dari normal, yakni < 300 mg/dl. Kadar testosterone pria mencapai puncaknya di akhir usia 30 tahun, lalu menurun 1-2% setiap tahunnya. Pada Usia 50-59 tahun, <20% pasien  mengalami defsiensi testosteron, usia 60-69 tahun, hampir 40% pasien mengalami penurunan testosteron, dan pada usia 80+, hampir 100% pasien mengalami penurunan testosterone (Penelitian Harman SM, dkk Tahun 2001).

Bahaya Rendahnya Hormon Testosteron

Bahaya hormon testosteron rendah pada pria bisa berdampak pada menurunnya libido, kebotakan,  dan disfungsi ereksi. Riset menunjukkan, bila kasus penurunan Hormon testosterone ini terjadi berkepanjangan akan mempengaruhi kerja berbagai organ, termasuk pancreas (penghasil insulin). Ada yang disebutnya Triad Hipogonadaisme,  yaitu bisa meyebabkan terancam 3 penyakit metabolik yaitu Kolesterol Tinggi, Hipertensi dan DM Tipe 2. Orang yang testosteronnya rendah, hampir pasti pelepasan lemak tidak terjadi, hingga lemaknya semakin banyak. Inilah yang menyebabkan Osbesitas yang tidak teratasi. Inilah awal dari komplikasi hormon  testosteron rendah yang berbahaya.

Solusi menjaga Hormon Testosteron Tetap Optimal

Untuk menjaga kadar hormon testosteron tetap optimal di dalam darah, solusi pertama adalah mengubah gaya hidup dan mengkonsumi makananan yang meningkatkan hormon testosterone. Perubahan gaya hidup diawali dengan olahraga teratur, memurunkan berat badan, tidur yang cukup,  konsumsi makanan sehat seimbang dan mengelola stress. Adapun untuk makanan peningkat testosterone bisa rutin dipilih asupan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti alpukat, kacang-kacangan dan minyak sayur. Sebaliknya, sebaiknya bisa menghidari makanan yang berkerja meningkatkan hormon estrogen yang bekerja kebalikan dari hormon testosterone seperti banyak makan berbahan kedelai.

Untuk kemudahan menjaga hormon testoteron tetap normal dan optimal setiap hari, maka bisa dipilih Suplemen Bioprost yang mengandung natural herbal alami saw palmetto ekstrak. Menurut Mayo Clinic, saat ini ekstrak Saw Palmetto digunakan luas oleh praktisi medis  di eropa dalam mengatasi gejala pembesaran prostat. Manfaat saw palmetto adalah mencegah hormon testosterone berubah menjadi dihydrostetorone. Ini akan menjaga kadar hormone testosterone dalam tubuh tetap normal. Saw Palmetto dalam Bioprost berbentuk Kapsul Lunak yang sangat mudah dapat dikonsumsi setiap pagi hari 1-2 Kapsul. Bioprost diproduksi oleh Indofarma, salah satu perusahaan BUMN Farmasi yang mempunyai misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia (Mercy, 2018).

Penulis : RR

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *