Asam Mefenamat

ASAM MEFENAMAT

 

Asam Mefenamat atau Mefenamic Acid adalah nama obat anti peradangan, disebut juga antiinflamasi,  yang tergolong ke dalam katagori antiinflamasi non steroid Non-Steroidal  Anti-Inflammatory Drugs, disingkat NSAID atau dalam bahasa Indonesia disebut Obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS). Obat ini tersedia dalam bentuk tablet.

 

Manfaat Obat

Obat ini digunakan untuk meredakan rasa sakit, disebut juga sebagai analgetik, mulai tingkat ringan hingga menengah yang disebabkan oleh suatu peradangan. Beberapa contoh pengobatan menggunakan Asam Mefenamat adalah untuk  sakit kepala, sakit gigi, sakit menstruasi, sakit persendian,nyeri otot,  sakit pasca operasi, dll. Obat ini tergolong ke dalam obat keras sehingga penggunaannya harus melalui resep dokter.

 

Sejarah Asam Mefenamat

Asam Mefenamat pertama kali ditemukan dan dipasarkan oleh Parke-Davis pada tahun 1960. Mulai tahun 1980 obat ini mulai dapat dibuat sebagai obat generic dan dapat dengan mudah didapat di seluruh dunia  dengan harga yang  lebih murah

 

Cara Kerja Obat

Cara bekerja Asam Mefenamat di dalam tubuh adalah dengan menghambat kerja suatu enzim yang bernama COX (Cyclooxygenase) yang berperan dalam produksi hormone Prostgalandin, dimana Prostaglandin ini adalah penyebab munculnya rasa sakit. Dengan dihambatnya produksi Prostaglandin maka akan mencegah munculnya rasa sakit.  Namun demikian, sebenarnya Prostaglandin sendiri dibutuhkan oleh tubuh diantaranya untuk melindungi dinding lambung terhadap reaksi asam lambung (HCl) yang biasanya secara otomatis keluar pada saat jam makan. Itulah sebabnya pasien diharuskan meminum obat ini setelah makan, atau tidak memilih obat ini sebagai pereda sakit jika pasien mempunyai masalah penyakit lambung.

 

Efek Samping

Beberapa kemungkinan efek samping yang muncul diantaranya adalah perut kembung, diare, sembelit, mual, mulas, reaksi alergi seperti gatal gatal dll.

 

Asam Mefenamat Dengan Merk Dagang

Sebutan Asam Mefenamat adalah merujuk pada nama generic obat ini. Selama 20 tahun (1960-1980) obat ini hanya tersedia sebagai obat branded (disebut juga obat patent). Namun sejak tahun 1980 obat ini dapat diproduksi secara luas di seluruh dunia sebagai obat generic sehingga bisa didapat lebih mudah dengan harga yang  lebih terjangkau.

 

Penulis : AAM