Amoxicillin

Amoxicillin

 

Amoxicillin adalah antibiotika yang berguna dalam pengobatan untuk penyakit yang disebabkan infeksi bakteri, tergolong ke dalam kelompok penisilin semi sintetis yang pemakaianya dengan cara diminum (per oral) dan dengan cara injeksi (cara injeksi  ini tak banyak digunakan).  Antibiotika lain yang berada dalam satu kelompok dengan amoxicillin ini antara lain AmpicillinPiperacillinTicarcillin. Obat ini termasuk obat yang penggunaannya harus melalui resep dokter.

 

Sejarah Amoxicillin

Amoxicillin pertama kali ditemukan pada tahun 1958 dan mulai dipergunakan dalam pengobatan pada tahun 1972. Di dalam daftar obat World Health Organization, Amoxicillin dikatagorikan sebagai Obat Esensial dan termasuk obat yang paling efektif dan aman dalam system kesehatan.

 

Cara Kerja Obat

Cara kerja Amoxicilin di dalam tubuh adalah dengan  cara mencegah bakteri membentuk semacam lapisan yang melekat disekujur tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi bakteri dari perubahan lingkungan dan menjaga agar tubuhnya tidak tercerai berai. Karena Amoxicillin  mencegah terbentuknya lapisan tsb maka bakteri tak akan bertahan hidup dan mati. Amoxicillin sangat efektif diantaranya untuk pengobatan akibat infeksi pada kulit, saluran pernafasan, saluran kemih, dll.

 

Efek Samping

Seperti pada umumnya obat obatan, meskipun bermanfaat untuk pengobatan, selalu ada efek samping. Efek samping ini biasanya bersifat individual, tidak selalu muncul. Efek samping yang mungkin muncul diantaranya adalah rasa mual, muntah, reaksi alergi, dll.

 

Amoxicillin Dengan Merk Dagang

Amoxicillin adalah sebutan nama generik, dan di industry farmasi banyak diproduksi dan diberi nama dengan berbagai nama merk dagang, sering juga disebut sebagai obat “branded”. Harga obat branded tsb biasanya lebih mahal daripada harga obat dengan nama generiknya. Harga obat generik di Indonesia selalu lebih murah daripada obat yang diberi merk karena harga eceran tertinggi untuk Obat Generik telah ditetapkan oleh pemerintah melalui keputusan Menteri Kesehatan RI.

 

 

Antibiotik Paling Banyak Digunakan  

Saat ini Amoxicillin, baik sebagai obat generic maupun sebagai obat bermerk, adalah jenis antibiotik yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena efektifitas dan keamanannya dalam berbagai pengobatan penyakit akibat infeksi bakteri. Selain itu, harganya pun relatif lebih  murah jika dibandingkan dengan jenis antibiotik lainnya sehingga tidak terlalu membebani biaya kepada pasien.

Penulis : AAM